Selasa, 27 November 2012

manfaat internet untuk perawat.

Diposting oleh Unknown di 00.00

MANFAAT INTERNET UNTUK PERAWAT??
Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini. 

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memberi peluang kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang salah satu persoalan penting yang dihadapi sehari hari yaitu kesehatan. Peningkatan pemahaman tentang kesehatan ini dapat membawa pengaruh yang sangat besar terhadap cara pandang masyarakat terhadap kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat memberikan dampak terhadap kesehatan manusia.

Dengan adanya Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global sehingga kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah.

Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet. Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang kesehatan, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.

Sedangkan pengertian teknologi informasi dibidang keperawatan adalah teknologi informasi yang
mengintegrasikan ilmu keperawatan, komputer, ilmu pengetahuan, dan ilmu informasi untuk mengelola dan mengkomunikasikan data, informasi, dan pengetahuan dalam praktek keperawatan. Informatika keperawatan memfasilitasi integrasi data, informasi, dan pengetahuan untuk dukungan klien, perawat, dan penyedia lainnya dalam pengambilan keputusan mereka dalam semua peran dan pengaturan. (Terhuyung & Bagley-Thompson, 2002 dalam Salim, 2010).
Telenursing dapat diartikan sebagai pemakaian teknologi informasi dibidang pelayanan keperawatan untuk memberikan informasi dan pelayanan keperawatan jarak jauh. Model pelayanan ini memberikan keuntungan antara lain :
1) mengurangi waktu tunggu dan mengurangi kunjungan yang tidak perlu, 
2) mempersingkat hari rawat dan mengurangi biaya perawatan
3) membantu memenuhi kebutuhan kesehatan
4) memudahkan akses petugas kesehatan yang berada di daerah yang terisolasi
5) berguna dalam kasus-kasus kronis atau kasus geriatik yang perlu perawatan di rumah dengan jarak yang jauh dari pelayanan kesehatan
6) mendorong tenaga kesehatan atau daerah yang kurang terlayani untuk mengakses penyedia layanan melalui mekanisme seperti : konferensi video dan internet (American Nurse Assosiation, 1999).
Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pelayanan keperawatan yang menggunakan model Telenursing efektif digunakan dalam aktifitas pelayanan kesehatan, sebagaimana berikut ini :
1. Bisa digunakan sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi petugas kesehatan khususnya tenaga keperawatan yang berada dimasyarakat maupun dipelosok yang secara geografis sulit diakses, dengan mengembangkan model Tele-edu atau Telecosulting yang dapat memfasilitasi pembelajaran maupun konsultasi asuhan keperawatan dari perawat primer kepada perawat spesialis, atau model Tele-ICU dimana pelayananintensive care dapat diberikan pada pasien yang berada ditempat yang terisolasi namun memiliki fasilitas ICU yang memadai serta mempunyai care giver.
2. Bisa digunakan sebagai sarana memantau perkembangan serta memandirikan pasien atau keluarga untuk merawat diri sendiri melalui metode Telenursing. Pasien yang sudah bisa pulang dan harus menjalani perawatan secara mandiri dirumah dapat di folow up melalui metode ini.
3. Bisa digunakan sebagai sarana memandu dan memantau rehabilitasi pasien pasca dirawat di rumah sakit. Dengan metode Telenursing ini petugas dapat memantau dan memandu langkah-langkah rehabilitasi yang harus dijalani pasien-pasien dengan masalah tertentu pada fase out pation.







0 komentar on "manfaat internet untuk perawat."

Posting Komentar

 

看護婦 smile Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting